Senin, 06 Oktober 2014

David


REFLEKSI SERVICE LEARNING
SD Kr. Bethel Sulung
29 Oktober & 5 November 2014
David Ishak Kosasih
                                              23413005


             Pada hari rabu tanggal 29 oktober 2014 dan 5 november 2014 saya melakukan service learning. Service learning saya adalah mengajar pada sebuah sekolah yang bernama SD bethel sulung di kutisari. Saya dan tim berangkat dari petra sekitar pukul 10.00 dan setibanya di sana kami langsung mengajar hingga pukul 12.30.
 Pada service learning pertama yaitu tanggal 29 oktober kami mengajar internet. Materi yang kami berikan adalah apa itu internet, siapa penyuplai internet, bagaimana internet didistribusikan dan kepada siapa internet didistribusikan. Tak lupa setelah kami menyampaikan materi secara teori, kami juga melakukan praktek bersama para siswa di sana. Praktek yang kami lakukan adalah mengcrimping kabel LAN. Di sana saya melihat siswa sangat antusias dalam melakukan praktek ini. Bahkan ada yang sampai bersedih karena gagal. Memang pada kenyataan di sana hanya sedikit yang berhasil namun mereka tetap belajar sesuatu.
Pada service learning kedua yaitu tanggal 5 november 2014 kami mengajar Microsoft word. Materi yang kami ajarkan adalah seputar fungsi Microsoft word seperti subscript, superscript, drop cap, page layout, dan paragraph. Tak ketinggalan kami juga mengadakan praktek untuk menunjang teori. Dalam praktek ini siswa juga terlihat antusias. Di sekolah bethel sulung tidak ada computer sehingga pada praktek ini kami membawa laptop. Laptop yang kami bawa digunakan para siswa untuk mengerjakan soal seputar microsoft word. Pada akhir praktek, kami menunjuk beberapa siswa untuk maju dan presentasi. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih para siswa dalam berbicara. Memang beberapa siswa masih ada yang melakukan dengan malu-malu dan tidak serius, namun bagi saya para siswa yang maju telah berusaha dengan baik untuk ukuran siswa SD.
 Secara keseluruhan, saya mengambil kesimpulan bahwa menguasai teknologi seperti Microsoft word dan internet sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Namun ada beberapa lapisan masyarakat yang tidak dapat belajar hal-hal seperti ini. Oleh karena itu, adalah tugas kita untuk dapat membantu mereka. Kita dapat membantu mengajar dan menambah pengetahuan mereka. Dengan mengajar, pengetahuan kita pun juga akan ikut bertambah.

0 komentar:

Posting Komentar