Senin, 06 Oktober 2014

Christian



REFLEKSI SERVICE LEARNING
SD Kr. Bethel Sulung
29 Oktober & 5 November 2014
Christian Setiawan
23413004


                Kelompok kami melakukan service learning pada tanggal 29 Oktober 2014 dan 5 November 2014 . Pada awalnya kami melakukan survey dan kami melihat di sekitar SD Bethel Sulung 3 Surabaya. Kita sadari bahwa SD Bethel Sulung 3 bukanlah SD yang termasuk golongan elite. Untuk pelajaran TIK saja mereka hanya menggunakan 1 laptop yang dibawa gurunya dan dipakai 11 orang anak. Padahal setidaknya dalam pembelajaran siswa tidak hanya trima teori tetapi harus bisa prakteknya juga . jadi kita terpanggil untuk melakukan service learning di SD Bethel.karena dengan melakukan service learning di SD Bethel kita bisa melayani lebih tepat sasaran,karena murid SD Bethel Sulung membutuhkan praktiknya juga.
                Selain itu menurut saya pribadi saya merasa di kuliah ini kita tidak diajaarkan hanya teori dan praktek tetapi kita diajaarkan gimana kita melayani orang-orang yang disekitar kita dengan kepekaan kita. Selain itu saya juga menyadari bahwa kita hidup dan belajar itu tidak pakai untuk kita sendiri tetapi alangakh baiknya kita berbagi tentang apa yang kita miliki.
                Dimulai dipertemuan pertama kita mulai melakukan service learning dengan membawakan materi Pengenalan internet dan cara membuat kabel LAN. Para siswa memberi tanggapan yang sangat positif dan mereka merespon dengan baik apa yang kita sampaikan.mereka merasa senang karena mereka tidak hanya mendapatkan teori tetapi meraka juga mendapatkan cara praktiknya .
                Lalu di pertemuan kedua kita membawakan materi power point dan word kami mengajarkan bagaimana penggunaan power point dan word yang baik dan benar. Selain itu kita juga mengajarkan bagaimana persentasi yang baik dan benar ,dan mereka kita beri kesempatan untuk maju elajar persentasi. Kenapa kita memberikan materi persentasi ,karena menurut kita siswa ketika masuk smp sudah mendapat tuntutan untuk persentasi dan mempersentasikan tugas mereka . jadi setidaknya ketika SD mreka sudah mendapatkan materinya

0 komentar:

Posting Komentar