REFLEKSI
SERVICE LEARNING
SD
Kr. Bethel Sulung
29
Oktober & 5 November 2014
Christian Setiawan
23413004
Kelompok
kami melakukan service learning pada tanggal 29 Oktober 2014 dan 5 November
2014 . Pada awalnya kami melakukan survey dan kami melihat di sekitar SD Bethel
Sulung 3 Surabaya. Kita sadari bahwa SD Bethel Sulung 3 bukanlah SD yang
termasuk golongan elite. Untuk pelajaran TIK saja mereka hanya menggunakan 1
laptop yang dibawa gurunya dan dipakai 11 orang anak. Padahal setidaknya dalam
pembelajaran siswa tidak hanya trima teori tetapi harus bisa prakteknya juga .
jadi kita terpanggil untuk melakukan service learning di SD Bethel.karena
dengan melakukan service learning di SD Bethel kita bisa melayani lebih tepat
sasaran,karena murid SD Bethel Sulung membutuhkan praktiknya juga.
Selain itu
menurut saya pribadi saya merasa di kuliah ini kita tidak diajaarkan hanya
teori dan praktek tetapi kita diajaarkan gimana kita melayani orang-orang yang
disekitar kita dengan kepekaan kita. Selain itu saya juga menyadari bahwa kita
hidup dan belajar itu tidak pakai untuk kita sendiri tetapi alangakh baiknya
kita berbagi tentang apa yang kita miliki.
Dimulai
dipertemuan pertama kita mulai melakukan service learning dengan membawakan
materi Pengenalan internet dan cara membuat kabel LAN. Para siswa memberi
tanggapan yang sangat positif dan mereka merespon dengan baik apa yang kita
sampaikan.mereka merasa senang karena mereka tidak hanya mendapatkan teori tetapi
meraka juga mendapatkan cara praktiknya .
Lalu di
pertemuan kedua kita membawakan materi power point dan word kami mengajarkan
bagaimana penggunaan power point dan word yang baik dan benar. Selain itu kita
juga mengajarkan bagaimana persentasi yang baik dan benar ,dan mereka kita beri
kesempatan untuk maju elajar persentasi. Kenapa kita memberikan materi
persentasi ,karena menurut kita siswa ketika masuk smp sudah mendapat tuntutan
untuk persentasi dan mempersentasikan tugas mereka . jadi setidaknya ketika SD
mreka sudah mendapatkan materinya
0 komentar:
Posting Komentar